Thursday, August 4, 2016

Manfaat Tanaman Obat Untuk Kesehatan

Berikut dibawah merupakan beberapa tanaman obat yang bermanfaat bagi kesehatan. Sebagian besar tanaman obat dibawah ini terdapat dengan mudah di lingkungan sekitar kita.

1. Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb)

Temulawak sangat bermanfaat untuk pengobatan sakit kuning, diare, maag, perut kembung serta pegal-pegal. Terakhir juga bisa dimanfaatkan untuk menjatuhkan lemak darah, menangkal penggumpalan darah, sebagai antioksi juga memelihara kesehatan dengan meningkatkan daya tahan kekebalan tubuh.

2. Kunir Putih Alami

Kunir putih atau yang sering juga disebut sebagai kunyit putih bermanfaat untuk ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, mencegah kanker, mengobati tumor, menghilangkan gatal, dan menyembuhkan kesemutan.  Dengan pengolahan dan pengemasan menjadi produk jual kapsul kunir putih alami maka akan berguna sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah asam urat, anti oksidan alami, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah.


3. Keji Beling

Masyarakat Jawa umumnya menyebutnya dengan nama “sambang geteh.” Tanaman ini mempunyai banyak sekali mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium serta unsure mineral lainnya. Disamping itu juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida. Bermanfaat untuk obat disentri, diare (mencret) dan mengatasi batu ginjal serta penurun kolesterol. Daun Kali Bejing ini selain direbus untuk diminum airnya, juga dapat dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Daun keji beling juga kerap digunakan untuk mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, caranya dengan cara mengoleskan langsung daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut. Demikian pula untuk mengobai penyakit lever (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag.

4. Sambiloto

Tamanan ini berguna untuk melindungi hati, sambiloto juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini disebabkan karena senyawa aktifnya, yakni Andrographolide, menurunkan ekspresi enzim CDK4 (cyclin dependent kinase 4). Andrographolide yang terkandung memiliki sifat melindungi hati (hepatoprotektif), dan terbukti dapat melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol yang sering ada di dalam obat-obatan.

5. Handeuleum (Graptopthyllum pictum [L.] Griff)

Khasiat dan cara pengobatan: Wasir: 10 g daun handeuleum segar dicuci bersih lalu direbus dalam 2 gelas air sampai air rebusan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum air rebusan pagi dan sore masing-masing ½ gelas. Memar: kulit batang dibersihkan lalu ditumbuk halus kemudian dibalurkan dan dibalut dengan perban pada daerah yang memar. Ganti 2 kali sehari. Sembelit: cuci 7 lembar daun lalu rebus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus.

6. Jahe

Dalam Jahe terdapat kandungan oleoresin yang lebih dikenal sebagai gingerol yang bersifat sebagai antioksidan, sebagai komponen bioaktif antipenuaan. Bermanfaat melindungi lemak/membran dari oksidasi, menghambat oksidasi kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh, masuk angin, sakit kepala, sakit kepala sebelah, mabuk kendaraan dan param untuk anggota badan yang terkilir.

7. Tempuyung (Sonchus arvensis L)

Pada daun tersebut terkandung kalium berkadar lumayan tinggi. Membuat batu ginjal berupa kalsium karbonat tercerai berai, karena kalium dapat membersihkan kalsium untuk bergabung dengan senyawa karbonat, oksalat, atau urat yang merupakan pembentuk batu ginjal. Endapan batu ginjal itu akhirnya larut dan hanyut keluar bersama air seni.

8. Bawang putih (Allium sativum)

Bawang putih mampu menyembuhkan flu dan batuk, menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, mencegah serta mengobati kanker perut, kanker usus besar, penyakit darah tinggi dan jantung.

Dari beberapa tanaman obat diatas salahs atu diantaranya sudah ada yang dikemas dalam sebuah produk kapsul kunir putih alami windra mekar yang dapat anda peroleh dengan harga yang sangat terjangkau.